KELAS VII SMP/ MTS
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menghargai perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menghargai perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menghargai perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1 Memahami teks lisan berupa sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf untuk menjalin kedekatan
pribadi dengan orang lain di lingkungan sekolah dan rumah.
3.2 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk perkenalan diri, dengan
sangat pendek dan sederhana.
3.3 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.4 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis, untuk penyebutan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana.
3.5 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari.
3.6 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks khusus berbentuk label nama (label) dan
daftar barang (list).
3.7 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk penyebutan sifat orang, binatang, dan benda.
3.8 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan tingkah
laku/tindakan/fungsi dari orang/ binatang/benda.
3.9 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari jenis teks khusus berbentuk instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
3.10 Memahami tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana.
3.11 Memahami pesan dalam lagu.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyusun teks lisan untuk
mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk mengucapkan dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.4 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan jati diri, sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.6 Menyusun teks tulis untuk membuat
label nama (label) dan daftar barang (list), dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk
menyebutkan sifat orang, binatang, dan
benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.8 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan
benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9 Menyusun teks khusus berbentuk
instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.10 Menangkap makna dalam teks
instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), dan
tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis.
4.11 Menyusun teks deskriptif lisan
dan tulis, sangat pendek dan sederhana tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
4.12 Menangkap makna dalam teks
deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
4.13 Menangkap pesan dalam lagu.
|
No comments:
Post a Comment